Pungli: WHAT THE FUCK!!!

“Oknum” PNS tidak hanya punya skill mengetik saja tapi juga melakukan pungutan liar alias PUNGLI.

“Oknum” PNS/TNI/Polri yang sudah pernah gw lihat sendiri melalui mata kepala gw itu mencakup:

  1. Di kantor desa, Desa Banjararum, Kec. Singosari, Kab. Malang.
  2. Di kantor polsek, polsek Singosari.
  3. Di kantor polresta Malang.
  4. Di kantor polwil Malang.
  5. Samsat Polwil Malang.
  6. “Oknum” TNI AD di Jatim.
  7. “Pungli” yang diformalkan di SMP Negeri 1 Singosari.
  8. (?) Amplop kuning yang harganya mahal di Kantor Imigrasi termasuk pungli kah?

Sudah muak gw kalau urus-urus surat ke kantor pemerintah!!! Shit! Untung udah 14 bulan gak pulang Indo.

Selama ini paling sering berinteraksi dengan kantor imigrasi. Kalau Imigrasi sekarang sudah OK banget. Semua pembayaran online via BNI. Tidak ada transaksi uang sama sekali di Kantor Imigrasi kecuali mau fotokopi yang memang mahal biayanya. Toh, ini bisa disiasati dengan membawa kopi dokumen sebelum datang ke Imigrasi. Selamat untuk Kantor Imigrasi!!! Proses sudah online juga.

Ada satu lagi, ITB. Petugas Lembaga Kemahasiswaaan Pak **** korupsi di depan mata kepala gw sendiri. Sayang, gw gak punya bukti kuat untuk menjebloskan dia ke penjara. Sial… Gw kalah lihai soal hukum.

Masih ingin tinggal di Indonesia? <– PERTANYAAN!

Leave a Reply

