Renungan PhD – 3

Inti sebagai mahasiswa adalah “Makan gratis”. Tidak mengenal tingkatan: Bachelor, Master or even PhD student. Cukup sekian dan terima kasih.

Wait,… Di KAUST ini banyak sekali acara-acara yang selalu melibatkan makan-makan dan itu semua GRATISSS TIS TIS…!!! Dalam satu jurusan saja ada acara seminar mingguan yang dapat kue, biskuit, pizza lebih dari 30 loyang apa 50 dah, ayam dan makan berat lainnya (tergantung jurusan), berbagai minuman softdrink, teh, susu, kopi dll. Belum lagi makan-makan gratis acara laboratorium/grup riset, belum lagi acara Center (Research Center), belum lagi acara graduate affairs seperti sarapan gratis tiap minggu, acara training ini itu. Well, oke sih… Sebagai mahasiswa KAUST kita dapat uang saku yang sangat lumayan banget pake top. Tapi masih ada yang bela-belain ikut seminar jurusan lain walau bukan jurusannya; demi makan siang gratis.

Seperti biasa, gw sangat hafal dengan orang-orang yang bareng diterima di tahun 2015. Lha wong cuman 200 orang. Gw tahu mana anak baru Spring 2016. Nah, suatu ketika, gw kenalan sama anak X ini.

“Hey, bro… you have nice voice and pretty good pronunciation”, katanya sambil denger gw gladhi bersih.

“Oh thank you… Xie xie ni. You must be new student in this Spring”, gw nyahut.

“Oh ya, how could you know?” heran dia.

“For sure I know, you are Earth Science (ErSE) student right? I saw you many times in ErSE seminar. Whom are you working with?” Ini bukan basa-basi dari gw, tapi emang serius tanya profesor -nya dia siapa.

“Oh I am Computer Science student not ErSE. You must be wrong”, dia ngomong sambil agak ekspresi malu.

Mana ada gw lupa atau salah. Orang bocah-bocah ErSE 2015 aja cuman 10 biji yang baru 5 bocah MS dan 5 bocah PhD. Yang lama pun ada 30-an biji. Gmana gw kaga hafal muka-mukanya. Ditambah lagi, hampir setiap grup riset di ErSE gw jelajahin pas masih cari-cari calon pembimbing. Gw pasti hafal lah. Sejak saat itu, dia kagak pernah nongol lagi di seminar gw. Pasti doi malu. Pantesan kok ngambil snack dan kaga pernah absen. -__-

Hal kaya gini gak cuman satu dua biji di KAUST. Hmmm. Selamat menjadi mahasiswa!!!

 

 

 

Leave a Reply

