Obsesi Akademis?

My Dream: Farizal Hakiki, Ph.D.

Yups, ini obsesi akademis saja kah?

Graduation (Source: asunews.asu.edu)

Jawabnya, “TIDAK”.

Di hari yang penuh rahmat, Jumat, 13 Desember 2013, saya menjadi bagian dari saksi sejarah atas promosi doktor untuk promovendus: Amega Yasutra. Setelah sekitar 1.5 jam sidang terbuka, akhirnya berhak lah beliau, Mas Amega atas gelar doktor (Dr. Amega Yasutra). Beliau adalah staff pengajar di program studi teknik perminyakan ITB yang asalnya (S1-nya) bukan dari ITB melainkan UPN Veteran Yogyakarta. Hebat bukan? Ya, orang yang berkenan untuk mendedikasikan diri sebagai dosen itu menurut saya sangat hebat karena banyak pengorbanannya. Seperti apa pengorbanan seorang dosen? Mungkin, lain kali saja dibahas.

Oke teman, kita bukan bermaksud membahas beliau lebih lanjut, tetapi saya sedikit merinding ketika melihatnya. Tahu kenapa? Saya membayangkan kelak harus melakukan hal yang sama untuk mempertahankan disertasi saya. Yups, saya berharap juga menjadi future Ph.D holder, someday. It is just a dream. I my self have no any idea whether it would happen or not. Dream is just a free thing to do. Why dare not to dream? You will not be asked to pay for just dreaming. Yeah, it will, however, be so hard to convert it into real life. I wish indeed that I would also be more than just a Ph.D holder, or just a professor or just a great research-scientist, but the most-beneficial person in the world. Aamiin.

“Khoirunnas anfa’uhum linnaas.”

Leave a Reply

